Cara Custom Domain Blogger di IDwebhost

Cara Custom Domain Blogger di IDwebhost - Setelah Anda membeli Domain di IDwebhost selanjutnya Anda Custom Domain di Blogger atau di WordPress. 

Nah pada artikel ini akan memberikan tutorial Cara Custom Domain Blogger di IDwebhost. Jika Anda belum membaca atau belum tau Cara Membeli Domain IDwebhost Langsung Ajah Anda Klik Artikel ini.

Sama halnya dengan platform blog lainnya. Blogspotjuga menyediakan fitur Custom Domain, yang memungkinkan para pengguna Blogspot untuk menjalankan Custom Domain pada url Blogspot yang mereka miliki. 

Umumnya url yang diberi oleh Blogspot ialah .Blogspot.com, url tersebutnya yang bisa diubah dengan menerapkan Domain TLD atau di sebut dengan Top Level Domain, seperti .COM, .NET, .ID, .ORG, dan lain sebagainya.

IDwebhost ini merupakan perusahaan web hosting lokal yang sudah berpengalaman, dan namanya sudah dikenal oleh para Blogger Indonesia.

Selain pelayanan yang membuat pelanggan merasa nyaman, IDwebhost juga memberikan harga yang cukup kompetitif dan sangat bersaing, yang bisa dikatakan cukup murah bila dibandingkan dengan penyedia layanan web hosting lokal yang lainnya.

IDwebhost sering mengadakan promo pembelian Domain pada bulan tertentu dengan harga yang bahkan lebih murah dibandingkan harga Domain di hari biasa. 

Keunggulan lainnya adalah memiliki beragam ekstensi Domain unggulan atau nama belakang dari sebuah identitas Website seperti “.com “ atau “.org”. Umumnya, registrar Domain di negara Indonesia hanya menghadirkan ekstensi Domain populer seperti “.com”, “.co”, “.net”, .co.id”, dan juga “.id”. 

Di IDwebhost, Anda dapat memilih ekstensi Domain yang beragam bahkan bisa memiliki ekstensi Domain dengan niche khusus yang disesuaikan dengan identitas Website yang Anda miliki.

Okke Langsung Ajah Anda Ikuti Tutorial Cara Custom Domain Blogger di IDwebhost sebagai berikut ini :


Langkah pertama Anda harus memiliki blog dari Blogspot terlebih dahulu.Jika Anda belum memiliki nya Anda bisa melihat artikel ini langsung ajah klik Cara Membuat Blog dari Blogspot. Anda akan di arahkan pembuatan blog dari Blogspot terlebih dahulu.
Setelah Anda memiliki blognya. Selanjutnya Anda tinggal membuka blog Anda Sendiri terlebih dahulu, dan Klik "Setelan".

Selanjutnya Anda scrol kebawah dikit dan Klik "Domain Kustom".

Masukan Nama Domain Anda beli dan pastikan menuliskan dengan WWW di depan nama Domain Anda seperti gambar di bawah ini dan Klik "simpan".

Anda akan mendapatkan peringatan tanda merah untuk menghubungkan Domain Anda ke Blogger, Anda cukup mengcopy nya dan buat ke catatan Anda Sendiri. 

Selanjutnya Anda buka Website tempat Anda membeli Domain tersebut, sebelum itu saya pernah membuat tutorial Cara Membeli Domain di IDwebhost nah jika Anda belum pernah membeli nya Anda bisa langsung membaca artikel nya. 

Langsung ajah Anda membuka Website nya IDwebhost atau Anda langsung klik warna biru dengan bacaan IDwebhost tersebut. 

Setelah Anda membuka Website nya langsung ajah Klik "Login" sebelah sudut kanan atas.

Berikutnya Anda akan memasukan Alamat Email IDwebhost yang anda daftarkan dan password Anda buat. Kemudian mengisi kode validiasi dibawah form yang kosong. 

Jika validiasi benar Anda langsung klik "masuk". Untuk masuk ke member Dashboard IDwebhost.

Setelah Anda berhasil masuk ke member IDwebhost atau Dashboard IDwebhot. Langsung ajah Anda Klik Domain yang ada nomor satunya karna Anda baru pertama kali membeli Domain.

Anda akan di arahkan ke tempat list Domain yang sudah aktif maupun belum di bayar dan udah expired atau udah tidak aktif lagi. Langsung ajah Anda klik Domain nya. 

Berikutnya Anda akan di arahkan tempat pengelola Domain IDwebhost, yang di mana Anda bisa melihat status Domain Anda buat serta masa berlaku Domain Anda.

Dan Anda bisa perpanjang Domain jika waktu tanggal bulan dan tahun udah lewat dan Anda akan di hubungi oleh pihak IDwebhost serta di berikan batas waktu 1hari atau 3 hari lebih untuk memperpanjang Domain Anda sendiri.  

Jika Anda tidak mau memperpanjang Domain Anda sendiri cukup tidak membayarnya. Maka otomatis Domain tersebut akan expired kaowkoawkoawawo. 

Untuk menghubungkan Domainnya Anda langsung ajah Klik Kelola DNS. 

Selanjutnya Anda buat nama host = @, jenis record = A(Address), Alamat 216.239.32.21, dan prioritas kosongkan dan Klik Simpan seperti gambar di bawah ini.

Setelah berhasil melakukan perubahan dns dan menambahkan dns akan menambah form kotak dns nya dan masukan Nama Host = @, Jenis Record = A(Address), sedangkan Alamat nya di ubah menjadi  216.239.34.21, dan Prioritas kosongkan dan Klik Simpan.

Yups Anda akan melakukan lagi dengan masukan Nama Host = @, Jenis Record = A(Address), sedangkan Alamat nya di ubah menjadi  216.239.36.21, dan Prioritas kosongkan dan Klik Simpan.

Lakukan lagi dengan masukan Nama Host = @, Jenis Record = A(Address), sedangkan Alamat nya di ubah menjadi  216.239.38.21, dan Prioritas kosongkan dan Klik Simpan.

Selanjutnya masukan Nama Host = nejj5calpnpx, Jenis Record = Cname (Alias), Alamat =  gv-raobabyirqkcgv.dv.googlehosted.com dan Klik Simpan

Selanjut nya masukan Nama Host = www, Jenis Record = Cname (Alias), Alamat =  ghs.google.com dan Klik Simpan

Anda Akan bisa melihat semua hasil yang Anda buat seperti gambar di bawah ini....
  • Nama Host = @, Jenis Record = A(Address), Alamat = 216.239.32.21
  • Nama Host = @, Jenis Record = A(Address), Alamat = 216.239.34.21
  • Nama Host = @, Jenis Record = A(Address), Alamat = 216.239.36.21
  • Nama Host = nejj5calpnpx, Jenis Record = Cname (Alias), Alamat = gv-raobabyirqkcgv.dv.googlehosted.com, 
  • Nama Host = www, Jenis Record = Cname (Alias), Alamat =  ghs.google.com, 

Selanjutnya klik Nameserver.

Pilih Gunakan Server lain dan masukan nameserver 1 = ns1.idwebhost.id dan nameserver 2 = ns2.idwebhost.id serta Klik Ganti Name Server.

Nah jika Anda berhasil mengganti nameserver maka Anda akan mendapat notifikasi perubahan berhasil disimpan.

Selanjutnya Anda kembali ke tab halaman Blogger Anda sendiri dan Klik Simpan. Jika belum berhasil Anda cukup tunggu beberapa jam lagi awkoakwokawoaw.

Jika Anda berhasil akan ada notifikasi seperti gambar di bawah ini setelan diperbaruhi.

Selanjut nya Anda scrool kebawah dan klik tombol hijau seperti di bawah ini untuk mengaktifkan Https serta Mengalihkan Domain yang telah Anda beli sendiri.

Untuk mengecek apa Anda berhasil Custom Domain Anda cukup dengan Klik Lihat Blog.

Jika Anda berhasil Custom Domain Anda akan melihat seperti gambar di bawah ini. 


Sekian dari Saya tutorial Cara Custom Domain Blogger di IDwebhost

Jika Ada ketikan saya tidak menyenangkan atau buruk saya minta maaf terlebih dahulu ya bossku.

Sekian dan terimah kasih telah datang ke website ini dan membaca Artikel nya.

Jangan lupa di share ya bosssku.........