Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal dan Menggunakan Openvpn di Windows dan Android

Sebelum memulai ke tutorial yang akan saya sampaikan di bawah ini  perlu kita ketahui bahwa  apa  yang di maksud dengan OpenVPN, bagaimana  cara kerjanya, dan juga manfaatnya. Hal ini  juga bisa menambah pengetahuan anda tentang berbagi macam jenis VPN yang dapat kamu gunakan dengan gratis tanpa biaya.

OpenVPN merupakan salah satu jenis VPN yang menggunakan SSL/TLS di dalam infrastruktur jaringannya. Tujuan penggunaan SSL/TLS adalah agar jaringan VPN menjadi lebih aman karena jaringan data keluar masuk server VPN ter-enkripsi dengan baik. OpenVPN merupakan aplikasi pihak ketiga yang bersifat open-source yang terinstal di sisi server VPN dan juga di sisi Klien. OpenVPN menggunakan Virtual Network Adapter yang di bagi menjadi 2 yaitu TUN-Device dan TAP-Device.

Pada TUN-Device menjalankan 3 Layer sedangkan Tap-Device menjalankan 2 Layer. Secara default OpenVPN hanya bekerja pada Protokol UDP prot 1194. Walaupun OpenVPN juga dapat bekerja pada protokol TCP, tetapi hal tersebut tidak disarankan karena akan mengakibatkan jalur data ganda apabila terjadi penurunan kecepatan jaringan. 

Seperti yang kita ketahui bersama kalau VPN merupakan sebuah jaringan virtual pribadi kalau di bahasa inggris namanya Virtual Private Network yang kaya akan fungsi dan manfaat. Salah satu manfaat yang di rasakan oleh pengguna adalah akses internet pribadi tanpa gangguan, halangan bahkan tanpa resiko pencurian data. Jika kita berbicara OpenVPN, ini hanyalah cara lain agar terhubung ke server VPN menggunakan teknik dan cara yang berbeda dengan VPN pada umumnya. Selain OpenVPN memang ada beberapa jenis implementasi dari penggunaan VPN seperti PPTP, IPSec, dan masih ada yang lainnya.

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menginstal dan menggunakan Openvpn di windows adalah anda harus mengakses OpenVPN di laman website https://openvpn.net.

Selanjutnya untuk menginstal openvpn anda klik vpn client dan pilih openvpn connect seperti gambar di bawah ini 

Selanjutnya Anda memilih sistem operasi yang anda pakai nah karna saya memakai sistem operasi windows maka saya pilih windows kemudian klik dowload openvpm connect for windows pada tombol warna biru tersebut.

Maka akan ada poup untuk memulai mendowload file openvpn tersebut dan klik simpan berkas.

Tunggu selesai proses download file tersebut. Setelah selesai download file nya anda langsung membuka nya dengan mengklik logo unduh dan membuka file nya seperti gambar di baawah ini.

Setelah anda membuka file nya langsung ajah klik file yang telah di download tersebut.

Akan ada poup baru untuk memulai install openvpn dengan mengklik run seperti gambar di bawah ini.

Klik next.

Setelah mengklik next, terdapat End-User License Agreement yang perlu “dicentang” pada bagian “I accept the terms in the License Agreement”, lalu klik “next”.

Selanjut klik install untuk memulai install openvpn tersebut.

Tunggu selesai proses intalisasi openvpn nya

Setelah selesai install openvpn selanjutnya klik finish untuk selesai proses instal openvpn tersebut.

Setelah itu akan muncul OpenVPN Connect Setup berati anda berhasil install openvpn di windows,




Untuk Menggunakan Openvpn selanjut nya anda perlu mendaftar akun openvpn dengan mengikuti langakah langkah di bawah ini :
Langsung ajah anda Klik Get OpenVPN.

Kemudian anda scroll ke bawah dan klik Sign Up For OpenVPN Cloud seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya anda perlu mendaftar dengan memasukan email dan password kemudian dan klik singup

Selanjutnya membuka email u

























Posting Komentar untuk "Cara Instal dan Menggunakan Openvpn di Windows dan Android"