Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat VPS Gratis di Microsoft Azure

Azure merupakan layanan situs cloud computing yang diciptakan oleh Microsoft untuk membangun atau membuat aplikasi berbasis IT tanpa harus membeli server fisik atau perangkat keras lagi.

Azure ini lebih merekomendasikan untuk membuat atau membangun server yang berisi websute dengan menggunakan Windows Server.Layanan cloud computing tersebut bisa digunakan secara gratis selama 12 bulan sejak verifikasi akun Azure untuk pertama kali atau dikenal dengan free tier. 

Selain itu, kamu bisa mendapatkan bonus free credit $200 selama 1 bulan. Enak, kan?Kamu bisa memanfaatkan dari bonus credit gratis $200 selama sebulan untuk mempelajari beberapa layanan yang ada di Azure tanpa batas, asalkan selesai belajar, layanan atau komponen tersebut segera dihapus, takutnya terkena biaya (tagihan) untuk bulan berikutnya itu bengkak dan tidak wajar.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah membuat vps murah dalam hal ini saya menggunakan microsoft azure. Microsoft azure adalah layanan cloud yang dimiliki oleh Microsoft. Mirip seperti Google Cloud Platform, Azure memiliki banyak layanan, salah satu di antaranya adalah Virtual Machines, atau biasa kita sebut Virtual Private Server (VPS). Sebelum teman-teman mendaftar, saya informasikan

Buat akun gratis dengan menekan tombol “Start Free”. Di sini, Anda juga akan mendapatkan kreditsebesar $200 yang berlaku selama 30 hari untuk digunakan mencoba berbagai produk Azure.

Berikutnya Anda akan diminta memasukkan alamat email, lanjutkan dengan mengetuk tombol “selanjutnya”.

Masukkan kata sandi dan klik masuk.

Nah karna saya udah pernah mendaftar akun azure anda cukup mengklik Use an existing subscripton in your account.

Pada menu layanan Azure, Anda bisa menemukan fitur Virtual Machine dan klik ikon tersebut.

Cara Membuat VPS Gratis di Microsoft Azure dilanjutkan dengan masuk ke tab berikutnya yaitu beranda Virtual Machine. Klik tombol Create dan Virtual Machine.

Kembali Anda akan diminta mengisi sejumlah kolom, berisikan Nama Virtual Machine, pilih wilayah atau vps yang anda ingin gunakan, image (masukkan saja Ubuntu server 20.04 LTS Gen2). Kemudian pada kolom size, pilih harga yang anda sukai hhehehehe.

Selanjutnya buat username login vps dan password yang anda ingginkan serta pilih semua port masuk dan klik Tinjau + buat.

Masukan nama, email dan no hp anda kemudia klik Buat.

Validasi selesai. Di tab ini, Anda bisa melihat sejumlah data, terkait membuat akun di Azure yang telah selesai dilakukan. Berikutnya scroll ke bagian bawah, dan temukan dan klik tombol “Create”.

Tab berikutnya menunjukkan bahwa “Penyebaran Anda selesai” dan langkah berikutnya, klik tombol “buka sumber daya”.

Selanjutnya anda harus membuka aplikasi yang bernama putty jika anda belum mempunyai apalikasi nya terlebih dahulu anda mendowloadnya dan menginstall aplikasi tersebut.

Setelah anda membuka aplikasi putty selanjutnya anda memasukan IP VPS anda sendiri seperti gambar di bawah ini

Klik Accept karna pertama kali anda membuka vps anda sendiri atau di sebut dengan baru.

Selanjutnya masukan username vps anda sendiri yang udah anda buat sendiri.

Dan masukan password vps anda buat di sendiri.

Oke setelah berhasil login di vps nah untuk mencek apakah vps kita benar benar sudah di buat anda bisa mengsintall apache seperti gambar di bawah ini dengan mengketik sudo su kemudian tekan enter.

Selanjutnya ketik apt-get install apache.

Untuk memulai install apache anda bisa mengketik Y kemudian tekan enter.

Anda hanya cukup menunggu selesainya proses peng installan apache nya.

Setelah anda berhasil install apache anda bisa membuka nya dengan menggunakan ip anda sendiri seperti gambar di bawah ini.

Jika gambar akan seperti di bawah ini maka proses penginstalan apache udah berhasil dan vps anda juga udah bisa digunakn sesuai keinginan anda sendiri

Posting Komentar untuk "Cara Membuat VPS Gratis di Microsoft Azure"