Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cloud VPS di IDCloudHost

Cara membuat Cloud VPS di Cloud Host - Cloud VPS adalah solusi virtualisasi di mana Anda dapat membagi sumber daya sebuah server menjadi beberapa bagian secara virtual. Cloud VPS beroperasi pada suatu server yang biasa disebut Node/Hypervisor pada data center. Dengan demikian, Anda dapat melakukan aktivitas pada Cloud VPS kapan pun selama 24 jam/7 hari dengan akses root.

Dengan Cloud VPS Anda mendapatkan benefit pengelolaan layanan cloud yang dinamis dalam lingkungan virtual yang scalable. Sumber daya yang Anda perlukan dapat tersedia dalam hitungan menit. Pendek kata, dengan Cloud VPS Anda bisa mendapatkan akses virtual machine (VM) dengan mudah dan cepat di private server baru

Anda dapat memilih menggunakan spesifikasi  server yang diinginkan. Dalam transaksi dapat dibebankan sesuai pemakaiannya, yaitu biaya dalam per jam.

Sebelum memulai membuat Cloud VPS di IDCloudHost terlebih dahulu anda membuat akun IDCloudHost dan mendapatkan saldo bonus 50 ribu dengan cara melihat tutorial di sini. Nah karna saya sudah memiliki nya langkah selanjut nya Anda membuka Website idcloudhost.com akan muncul halaman utama seperti gambar di bawah ini.

Langkah berikutnya Anda Klik tombol Login dan pilih Console dengan mengklik tombol tersebut seperti gambar di bawah ini.

Karna Anda sudah memiliki akun IDCloudHost untuk langkah selanjut nya Anda Klik Log in with Google untuk masuk ke dasboard IDCloudHost.

Selanjutnya masukan email google anda sesuai yang anda daftar di IDCloudHost dan klik tombol Berikutnya.

Selanjutnya masukan password google Anda atau gmail Anda sendiri dengan benar dan klik tombol Berikutnya.

Cara membuat Cloud VPS di CloudHost setelah menekan Login. Selanjutnya Anda akan disuguhkan oleh halaman beranda CloudHost. Dimana Anda harus memilih type. Klik dengan memilih Virtual Machine.

Selanjutnya adalah membuat aplikasi VPS dengan menekan Virtual Machine. Kemudian pilih sistem pengoperasian, yaitu Ubuntu 21.04. Untuk  pilih server Anda dapat memilih yang tinggi atau rendah. Misal rendah, yaitu 1 CPU, 1GB RAM, 20GB DISK.Untuk harganya sangat terjangkau, yaitu 50ribu dengan batas waktu 68 jam. Klik lokasinya, yaitu negara Indonesia.

Selanjutnya anda membuka aplikasi "Putty" seperti gambar di bawah ini jika anda belum mempunyaii nya anda bisa mendowload nya terlebih dahulu. Mengapa saya membuka puttygen terlebih dahulu karna saya akan membuat Akses SSH terlebih dahulu.

Klik Generate untuk membuat Akses SSH dengan menggunakan username dan password yang anda inggin gunakan.

Selanjut nya masukan username dan password yang anda ingginkan kemudian klik tombol save private key untuk membuat file password akses ssh anda.

Masukan nama penyimpan yang anda mau dan klik tombol save.

Selanjutnya Anda Akan diarahkan untuk mengisi username yang Anda ingin gunakan pada vps tersebut atau membuat sama dengan username pada puttygen agar tidak lupa akses ssh yang anda buat pada puttygen. Sama hal nya dengan mengisi password dan konfirmasi password sesuai dengan yang ada pada puttygen selanjutnya meng copy SSH pada puttygen dan paste SSH seperti gambar di bawah ini. Terakhir adalah membuat resource name sesuai yang anda ingin gunakan kemudian tekan create.

Selanjutnya Anda menunggu proses pembuatan Cloud VPS di IDCloudHost.

Jika prosesnya telah finish, klik nama Cloud VPS yang anda buat untuk melihat informasi secara detail.

Nah Anda Akan bisa melihat informasi detail seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengetes apa Cloud VPS yang kita buat tadi berhasil atau tidak langsung ajah anda buka di menu start dengan mengetik putty.exe seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya masukan IP Cloud VPS Anda seperti di gambar ini dan klik logo + pada SSH.

Dan klik Auth dan pilih Browser seperti gambar di bawah ini.

Kemudian pilih password yang anda buat di puttygen kemudian klik tombol open.

Selanjutnya Klik Open untuk membuka akses Login Cloud VPS tersebut seperti gambar di bawah ini.

Jika Cloud VPS anda fresh akan seperti gambar di bawah ini karna Anda pertama kali login kan nya ke vps tersebut dan klik tomnol accept.

Selanjutnya masukan username login yang telah Anda buat kemudian tekan Enter.

Selanjutnya masukan kata sandi Anda atau password vps yang Anda buat namun password tidak akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Jika telah aktif Cloud VPS maka akan muncul tampilan database dan pengoperasian VPS sudah berjalan seperti gambar di bawah ini. Dengan Username yang anda buat sesuai anda ingginkan.

Nah, bagaimana? Cukup simpel bukan? Ataukah sulit? Jika Anda mengalami kesulitan. Maka Anda  akan mendapatkan kemudahan jika mengikuti panduan cara membuat Cloud VPS di IDCloudHost pada artikel ini guysss.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cloud VPS di IDCloudHost"