Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Domain ke VPS Menggunakan Cloudflare

Cara Menghubungkan Domain ke VPS Menggunakan Cloudflare - Cloudflare adalah teknologi optimasi site yang menggunakan beberapa teknik sekaligus untuk meningkatkan performa site Anda.
Cloudflare akan mengalihkan trafik Anda ke cloud servernya. Kemudian, memfilter traffic berbahaya dan asset lain yang mengganggu performa. Selain itu, Cloudflare juga menyediakan compositions reserving untuk konten statis melalui CDN.

Cloudflare dapat mempercepat site Anda melalui beberapa cara. Layanan ini akan menyimpan store konten statis dari site dan mendistribusikannya ke dalam server CDN Cloudflare yang memiliki 23 lokasi di dunia.

Cloudflare juga mengurangi jumlah hits yang mengarah ke site, serta mengurangi permintaan asset secara keseluruhan. Cloudflare juga sangat berguna untuk mencegah terjadinya DDoS di site Anda.

Domain merupakan nama website yang diakhiri oleh simbol seperti com, id dan lain sebagainya. Dalam pengaplikasiannya, website yang sudah terhubung dengan VPS tak akan khawatir tentang data website yang hilang karena sudah terbukti aman. Untuk cara menghubungkannya sendiri kamu bisa memakai Cloudflare. 

Sebuah perusahaan rintisan amerika ini melayani jasa pengiriman konten yang seolah ia menjadi proxy antara website dan visitor. Jadi dengan Cloudflare, kamu dapat memperoleh keuntungan yakni membuat website yang kamu rintis menjadi lebih cepat dikunjungi. Untuk kamu yang ingin menyimpan data website kamu pada VPS, pastikan pakai Cloudflare untuk memudahkannya.

Cara Menghubungkan Domain ke VPS Menggunakan Cloudflare

Domain yang akan dihubungkan dengan VPS merupakan domain website sendiri sehingga akhirnya nanti kamu dapat melihat dan membuktikannya. Caranya cukup mudah bagi kamu yang pernah terjun ke dunia blogger website, yakni dengan mengaitkan domain terlebih dahulu pada situs Cloudflare.

Setelah itu akan secara otomatis domain kamu akan terhubung juga dengan VPS. Jika kamu ingin berhasil dalam melakukannya, ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar. Berikut cara-cara menghubungkan domain ke VPS melalui Cloudflare:

Sebelum mengikuti nya Anda terlebih dahulu harus memiliki VPS dan domain jika Anda belum memilikinya Anda bisa melihat tutorial tentang cara membeli domain di idcloudhost dan Cara Membuat Cloud VPS di IDCloudHost setelah anda memilikinya langkah pertama anda membuka website Cloudflare setelah anda masuk tampil halaman utama langsung ajah anda klik Sign Up untuk mendaftar akun clouflare nya terlebih dahulu seperti gambar di bawah ini.

Langkah Selanjutnya masukan Email dan password yang anda ingin buat dan kemudian klik Creat Account.

Klik Get started pada gambar seperti di bawah ini.

Selanjutnya Anda masukan Domain yang anda beli dan kemudian klik Add Site seperti gambar di bawha ini.

Setelah kamu masukkan nama domain yang Anda beli, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudia temukan versi gratisnya, Anda dapat scroll ke bawah hingga menjumpai tulisan free. Klik pada opsi tersebut lalu lanjutkan dengan menekan tombol continue.

Selanjutnya klik Add record untuk menambahkan nama Domain dan IP VPS Anda sendiri di Cloudflare.

Selanjutanya masukan Type = A, Name(required) = Nama Domain, IPv4 address(required)= Nama IP VPS dan klik Save.

Yupss Anda akan menbahkan satu kali lagi dengan klikk Add record yang berbeda guysss.

Selanjutanya masukan Type = CNAME, Name(required) = www, Target (required)= Nama Domain dan klik Save.

Klik Continue untuk mendapatkan DNS dari Cloudflare untuk menghubungkan nya ke domain yang menuju ke vps Anda sendiri.

Selanjutnya Anda akan mendapat DNS Cloudflare.

Yoshhh langkah selanjutnya Anda buka penyedia domain yang Anda beli. Karna Saya membeli domain di IDCloudHost maka Aaya membuka website nya terlebih dahulu setelah berada di tampil halaman nya Saya klik login dan pilih Client Area.

Masukan Email dan password yang Anda secara benar dan klik tombol login untuk masuk ke Dashboard domain yang telah saya beli.

Yossh Setelah masuk Dashboard domain di IDCloudHost akan muncul satu domain yang saya beli. Karna saya baru membeli satu domain ajah kemudia tinggal klik pada domain tersebut untuk mengatur DNS menjadi DNS Cloudflare.

Langsung ajah Anda klik pada titik tiga seperti gambar di bawah ini kemudian pilih Manage Nameserver dengan mengklik tersebut.

Selanjut Klik Use custom nameservers (enter below) dan masukan nameserver sesuai dengan name server di cloudflare seperti gambar di bawha ini kemudian klik change Nameservers.

Jika anda berhasil mengubah nya akan muncul bacaan berwarna hijau bahwa anda telah berhasil mengganti nameserver nya menjadi cloudflare kemudian klik private nameservers.

Setelah anda menbahkan nameserver selanjutnya Anda akan menambahkan DNS zone dengan Klik DNS Management.

Klik Add New Zone untuk menambahkan DNS di domain yang anda beli.

Masukan nama domain dan ip vps anda sendiri kemudian tekan tombol add zone pada warna hijau tersebut.

Jika Anda berhasil menambah dns tersbut akan muncul seperti gambar di bawah ini guyss maka Anda berhasil mengganti atau menambahkan dns cloudflare di domain dan vps Anda sendiri.

Nah karna VPS saya udah install wordpress akan muncul seperti gambar di bawah ini. Berati anda telah berhasil  Menghubungkan Domain ke VPS Menggunakan Cloudflare.

Memiliki website sendiri dan mengelolanya mungkin menjadi impian bagi beberapa orang dalam dunia IT. Bagaimana tidak, kamu bisa membuat karya atau konten yang akan membuat orang tertarik dan mengunjungi websitemu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan keuntungan. 

Hal tersebut tak terlepas dari menghubungkan domain ke VPS menggunakan Cloudflare. Karena manfaat yang akan kamu peroleh adalah cepatnya akses seseorang untuk menuju ke website kamu. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Posting Komentar untuk "Cara Menghubungkan Domain ke VPS Menggunakan Cloudflare"