Cara Membuat Akun Google Play Console

Cara Membuat Akun Google Play Console - Meluncurkan sebuah aplikasi melalui layanan Google Play tentu menjadi keinginan para developer termasuk developer pemula. Namun perlu diketahui bahwa sebagai developer, Anda harus mengetahui cara membuat akun Google Play Console terlebih dahulu.

Setiap programmer atau developer aplikasi yang ingin meluncurkan aplikasinya melalui layanan Google Play harus memiliki akun Google Play Console terlebih dahulu. Tanpa akun ini, Anda tidak akan bisa membuat atau meluncurkan aplikasi apapun menggunakan layanan Google.

Mengenal Google Play Console

Bagi Anda yang belum memahami cara membuat akun Google Play Console, sangat penting untuk mengenal layanan ini terlebih dahulu. Google dikenal memiliki berbagai layanan atau fitur yang harus digunakan untuk meluncurkan sebuah karya digital termasuk aplikasi.

Seperti telah dipaparkan sebelumnya bahwa Google Play Console merupakan layanan Google yang disediakan sebagai wadah bagi aplikasi yang akan diluncurkan dalam layanan Google. Aplikasi yang ada dalam layanan ini hanya berupa aplikasi mobile android saja.

Tentu Anda bisa membuat aplikasi yang Anda inginkan melalui berbagai platform lain, namun untuk meluncurkannya Anda tetap harus memahami cara membuat akun Google Play Console. Melalui akun Google Play Console, Anda bisa memublikasikan aplikasi Anda ke seluruh dunia.

Setelah memiliki akun Google Play Console, Anda bisa bebas meluncurkan aplikasi yang telah dibuat baik secara gratis maupun berbayar. Anda juga bisa memonitoring history penggunaan dan berbagai hal lain berkaitan dengan aplikasi Anda melalui akun ini.

Cara membuat akun Google Play Console juga tidak sulit dan bisa dilakukan dengan sangat cepat. Anda hanya perlu mengetahui berbagai hal dengan teliti seperti adanya biaya yang harus dibayar serta dibutuhkannya data valid berkaitan dengan identitas Anda.

Akun Google Play Console ini bisa menjadi pembuka jalan bagi para developer untuk dapat meluncurkan aplikasi impiannya serta meraih kesuksesan melalui aplikasi tersebut. Dengan platform yang tepat, aplikasi Anda akan berkembang dengan baik.

Cara Membuat Akun Google Play Console yang Perlu Diperhatikan

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa cara membuat akun Google Play Console tidaklah sulit. Anda tidak harus menemui pakar khusus untuk membuat akun ini, Anda hanya perlu menyiapkan diri dan melakukan proses pembuatan akun dengan telaten.

Untuk membuat akun Google Play Console ini, sangat disarankan agar Anda menggunakan PC komputer atau laptop selama proses pembuatannya. Hal ini bertujuan agar proses bisa dilakukan dengan lebih lancar dan informasi bisa terbaca dengan jelas.

Lantas bagaimana cara membuat akun pada layanan Google Play ini ? Berikut ini tutorial cara membuat akun Google Play Console yang bisa Anda Lakukan :

Masuk ke laman Google Play Console melalui link https://play.google.com/console/about lalu klik menu “Buka konsol play” di sebelah kanan atas.


Selanjutnya masukan email Google Anda yang ingin buat akun Google Play Console di email Anda sendiri

Selanjutnya masukan password google Anda atau password Gmail Anda sendiri dengan benar dan klik tombol Berikutnya

Setelah Anda login menggunakan Akun Google anda selanjutnya Anda menunggu hingga situs merespon dan mengarahkan Anda ke laman berikutnya kemudian pilih tujuan penggunaan akun untuk pribadi atau bisnis.

Selanjutnya isi data diri berkaitan dengan akun developer Google Play yang akan dibuat. Data pertama yang harus diisi adalah nama serta alamat email pengembang dan negara asal pengembang.

Selanjutkan pengisian data diri dengan menyertakan data alamat lengkap serta nomor telepon aktif dan situs media sosial pengembang.

Baca kolom persetujuan persyaratan yang tertera pada layar dengan seksama, kemudian bubuhkan tanda ceklis pada kotak yang disediakan jika Anda telah menyetujui persyaratan tersebut. Klik menu “buat akun dan bayar” untuk meneruskan proses.

Tunggu hingga laman berikutnya merespon kemudian isi kolom pertama dengan nomor yang tertera pada kartu kredit atau kartu debit Anda serta lengkapi kolom lainnya. Laman ini perlu diisi agar Anda bisa membayar biaya pembukaan akun Google Play Console yang sedang diproses.

Setelah menginput data pembayaran, akan muncul halaman baru berupa rincian biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat akun tersebut. Klik “Beli” jika Anda menyetujui dan akan membayar biaya yang tertera pada laman dan Saldo Credit Card Anda harus memiliki saldo 25$ untuk membeli Akun Google Play Console.

Tunggu hingga muncul laman pemberitahuan mengenai keberhasilan pembayaran akun google play console Anda. Klik menu “Buka Konsol Play” untuk maju ke langkah berikutnya.

Setelah diarahkan masuk dalam akun konsol play Anda. Selanjutnya Anda memverifikasi data diri dengan klik menu “Verifikasi ID” .

Baca keterangan dengan teliti dan siapkan data verifikasi yang dibutuhkan yaitu Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Tanda Pengenal Nasional (KTP Nasional) atau Paspor. Klik menu “Mulai Verifikasi” setelah membaca seluruh keterangan yang tertera pada layar.

Selanjutnya Isi data diri yang diminta berupa nama resmi atau nama lengkap serta data lainnya sesuai dengan dokumen verifikasi yang dilampirkan. Lampirkan bukti dokumen dalam bentuk gambar, kemudian klik option “Berikutnya”. Saya menggunakan KTP untuk Verifikasi google play console tersebut.

Selanjutnya Saya akan memasukan Alamat sesuai KTP saya sendiri dengan betul agar verifikasi Akun Google Play Console akan cepat verifikasi oleh tim goolge play consoledan klik tombol Kirim.

Tunggu hingga proses verifikasi berhasil dan muncul laman baru berupa pemberitahuan bahwa verifikasi berhasil dilakukan. Periksa bukti verifikasi melalui alamat email yang dicantumkan sebelumnya dan klik “OK” untuk mengakhiri laman.

Setelah melakukan berhasil proses verifikasi dan membuat akun Google Play Console, Anda akan masuk kembali ke laman awal dan bisa mengklik “Buat aplikasi” untuk meluncurkan aplikasi yang telah Anda buat.

Itulah rincian cara membuat akun Google Play Console yang bisa Anda ikuti dan lakukan sebagai langkah awal untuk memublikasikan aplikasi yang Anda buat. Sangat penting untuk mengikuti setiap langkah dengan baik agar akun Google Play Console Anda bisa segera selesai.

Selain cara diatas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan membuat akun Google Play Console. Hal-hal tersebut diantaranya :

Lakukan Cara Membuat Akun Google Play Console dengan Jaringan Internet yang Stabil

Hal pertama yang harus diperhatikan mengenai cara membuat akun Google Play Console adalah pastikan jaringan internet Anda stabil dan kuat. Proses pembuatan akun ini melibatkan proses verifikasi data pribadi dan pembayaran sehingga Anda membutuhkan jaringan yang stabil.
Jika jaringan internet tidak stabil, proses verifikasi dan pembayaran bisa berjalan lebih lama hingga menimbulkan potensi gagal. Hal ini tentu akan membuat Anda perlu mengulangi proses pembuatan akun dari awal.

Proses Verifikasi Berlangsung Lebih Dari Satu Hari

Hal lain yang perlu diperhatikan setelah melakukan cara membuat akun Google Play Console adalah proses verifikasi data yang berlangsung lebih dari satu hari. Dalam laman Google Play Console disebutkan dengan jelas bahwa Anda harus menunggu 2 hari untuk hasil verifikasi.

Setelah 2 hari dari proses verifikasi data berlangsung, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email mengenai keberhasilan verifikasi yang dilakukan. Pastikan Anda mengawasi alamat email yang telah dicantumkan untuk mendapatkan informasi dengan lengkap.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan cara membuat akun Google Play Console. Memperhatikan berbagai hal berkaitan dengan akun Google Play Console bisa membuat Anda lebih mudah membuat dan memublikasikan aplikasi andalan Anda.