Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install WordPress di AWS EC2, SSL Gratis dan Setting Domain

Platform WordPress sendiri memiliki fitur-fitur hebat dan dukungan luas untuk pengembang sejak pertama kali dirilis pada Mei 2003. Anda dapat menggunakan tema menarik WordPress untuk menjalankan semua jenis situs web termasuk blog pribadi, portal, hingga membuat toko online.

Saat ini WordPress telah menjadi konten manajemen sistem (CMS) yang paling popular di dunia. Kecanggihan WordPress dan komunitas open sourcenya telah menyita perhatian masyarakat dunia.

Berikut ini merupakan tutorial Cara Install WordPress di AWS EC2, SSL Gratis dan Setting Domain

Cara Install WordPress di AWS EC2

Okke untuk langkah pertama Anda bisa membuka website nya terlebih dahulu dengan ketik aws amazon atau Anda bisa meng klik link ini https://aws.amazon.com/id/ setelah Anda membuka website nya langsung ajah Anda Klik Masuk untuk login.

Selanjutnya masuk kan Email yang udah Anda daftar ke AWS Amazon dan klik Next. Jika Anda belum mempunyai akun AWS Amazon Anda bisa cek artikelnya di sini DAFTAR AWS Amazon.

Dan masukkan Kata Sandi atau Password yang Anda buat dan klik Sign in untuk melanjutkan tahapan login akun tersebut.

Setelah Anda masuk ke dashboard aws amazon atau konsol manajemen aws langsung ajah Anda pilih "Negara" mana yang Anda pakai untuk install "WordPress" di AWS EC2 tersebut.

Setelah Anda memilih negara untuk install server WordPress yang Anda ingin gunakan selanjutnya Di pojok kiri atas, temukan menu "Luncurkan Mesin Virtual" dan klik menu tersebut.

Selanjutnya Anda klik memilih untuk keluar dan kembali kembali pengalaman lama untuk memilih tampilan lama tersebut agar terlihat mudah untuk install WordPress tersebut dan tampilan lebih bagus menurut gue ya heheheh

Langsung ajah Anda klik Opt in to new experience

Setelah Anda masuk tampilan lama. Selanjutnya Anda tinggal klik menu AWS Marketplace kemudian tulis dengan nama WordPress seperti gambar di bawah ini dan klik select untuk langkah berikutnya.  

Selanjut nya klik Continue untuk memilih spek server WordPress yang Anda inggin install dan melihat harga spek server WordPress tersebut.

Selanjutnya Anda bisa memilih spek server WordPress yang Anda inggin gunakan. Namun pada kesempatan ini saya Akan memilih Free tier eligible untuk menggunakan server secara gratis dan klik Review and Launch.

Langsung ajah Anda klik Launch. karna di sini saya tidak ada saya tambahin dan tidak di ubah apa pun.

Akan terdapat jendela halaman baru untuk membuat key pair atau di sebut juga password, pastikan Anda memilih "create a new key pair" kemudian key pair nya dengan type "RSA" selanjutnya masukan key pair name nya seperti "installwordpress" atau sesuai keinginan Anda untuk membuat username dan password Anda. Lanjutkan dengan klik menu "Download Key Pair".

Jika sudah selesai, Download file key fair langsung ajah Anda klik "Launch Instance" untuk menjalankan mesin tersebut.

Kalau Anda sudah menyelesaikan tahapan diatas, maka langkah selanjutnya adalah melihat status mesin AMI yang Anda unduh sebelumnya. Akan terlihat keterangan di halaman setting bahwa instalasi telah selesai dilakukan dan terdapat tanda "berwarna hijau pada tulisannya" lanjut dengan mengklik menu "View Instances" pada tombol warna biru.

Setelah klik menu View Instances, Anda akan menemukan pemeriksaan status yang sedang melakukan "Proses Instalasi".

Jika sudah selesai, tulisanya akan berwarna "hijau" dan Anda siap melanjutkan Cara Install WordPress di AWS EC2, SSL Gratis dan Setting Domain

Setelah berhasil install server WordPress tersebut. Langsung ajah Anda Klik ceklis seperti gambar di bawah ini dan klik buka alamat yang ada tanda biru tersebut untuk membuka website WordPress  yang Anda install tersebut. Karna masih berbentuk alamat ip belum berbentuk Domain WordPress.

Setelah Anda buka alamat ip tesebut akan tampil gambar seperti di bawah ini yang berati Anda telah berhasil Install WordPress di AWS EC2.

Selanjutnya untuk ke halaman Dasboard WordPress Anda bisa tambah ke alamat ip anda itu dengan /wp-login/php atau bisa menggunakan /wp-admin atau seperti gambar di bawah ini untuk login ke halaman Dashboard .WordPress Anda sendiri.

Selanjunya Anda akan di mintai username dan password untuk login Dasboard WordPress tersebut. Anda bisa klik tab aws tersebut untuk melihat username dan password login untuk masuk Dasboard WordPress

Selanjutnya Anda klik Tindakan pilih menu Pantau dan pecahkan masalah dan langsung klik Dapatkan log sistem seperti gambar di bawah ini untuk mendapatkan username dan password login kedalam Dasboard WordPress tersebut.

Selanjutnya Anda scroll ke atas cari yang ada namanya Setting Bitnami application password to di situ akan ada password dan username login ke dalam Dasboard WordPress tersebut. selanjutnya Anda klik tab seperti gambar di bawha ini.

Setelah Anda mendapatkan username dan password untuk login ke dalam Dasboard WordPress. Langsung ajah Anda isi sesuai yang Anda dapatkan log sistem tersebut dan klik login.

Setelah Sukses login WordPress akan muncul Halaman Dashboard WordPress seperti gambar di bawah ini.


Cara Membuat Route 53 sebagai layanan DNS untuk Domain yang sedang digunakan

Okke setelah Anda berhasil install WordPress di AWS EC2. Langkah selanjutnya Anda bisa Setting Domain WordPress di AWS EC2 dengan mengitkuti tutorial di bawah ini. Oh ya sebelum mengikuti langkah di bawah ini, Pertama - tama Anda harus memiliki Domain sendiri sih. 

Jika Anda belum memiliki Domain Anda sendiri, Anda bisa membeli penyedia Domain yang Anda ingginkan. Namun pada kesempatan ini Saya akan menggunakan penyedia Domain dari IDwebhost.com jika Anda ingin melihat tutorial Cara Membeli Domain IDwebhost Anda bisa klik ini.

Nah pada gambar di bawah ini belum ada di setting menjadi Domain pada alamat ip WordPress yang Sudah Anda install tersebut. Okke langsung ajah Anda klik tab pada AWS EC2 sebelum nya seperti gambar di bawah ini 

Silahkan Anda klik fitur layanan dengan ketik Route 53 dan klik layanan tersebut seperti gambar di bawah ini.

Setelah Anda berada di Dashboard Route 53. Langsung ajah Anda klik Buat zona yang di-hosting.

Selanjutnya masukan Nama Domain yang Anda beli kemudian pilih tipe Zona yang di-hosting publik dan klik buat zona yang di-hosting yang warna tombol orange tesebut.

Jika Anda berhasil akan ada warna hijau yang dimana Nama Domain Anda berhasil di buat seperti gambar di bawah ini. Name server juga akan muncul dan klik Buat catatan baru pada tombol warna orange tersebut.

Selanjutnya Anda tinggal masukan alamat ip yang ada di WordPress pada Nilai seperti gambar di bawah ini dan Klik Buat catatan pada tombol orange tersebut.

Akan muncul Catatan untuk Nama Domain Anda berhasil di buat dan Anda bisa melihat di Catatan tersebut bertambah seperti gambar di bawah ini dan klik Buat catatan baru pada tombol orange tersebut.

Selanjutnya Anda tinggal masukan Nama Catatan menambahkan www, tipe catatan pilih CNAME-Merutekan lalu lintas ke nama domain lain dan beberapa sum... dan masukan Nama Domain yang Anda beli di nilai untuk menjadikan Nama Domain di WordPress Anda install tersebut. Dan Klik Buat catatan pada tombol orange tersebut.

Akan muncul Catatan untuk Nama Domain Anda berhasil di buat dan Anda bisa melihat di Catatan tersebut bertambah seperti gambar di bawah ini.


Cara Setting Domain di AWS EC2


Selanjutnya Anda buka website tempat anda membeli domain tersebut, sebelum itu saya pernah membuat tutorial cara membeli domain di IDwebhost nah jika anda belum pernah membeli nya anda bisa langsung membaca artikel nya. Langsung ajah Anda membuka website nya IDwebhost.com atau anda langsung klik warna biru dengan bacaan IDwebhost.com. Setelah Anda membuka website nya langsung ajah klik "login" sebelah sudut kanan atas.

Berikutnya Anda akan memasukan Alamat Email idwebhost yang anda daftarkan dan Password anda buat kemudian mengisi kode validiasi dibawah form yang kosong jika validiasi benar anda langsung klik "masuk" untuk ke member IDwebhost.

Setelah Anda berhasil masuk ke member IDwebhost langsung ajah klik bacaan domain seperti gambar di bawah ini.

Anda akan di arahkan ke tempat list domain yang sudah aktif maupun belum di bayar dan udah expired atau udah tidak aktif lagi. Langsung ajah anda klik domain nya.

Selanjutnya membuka domain yang anda beli dan mengubah name server nya menjadi name server  AWS EC2 seperti gambar di bawah ini 

Setelah Anda ganti name server akan muncul bacaan Perubahan Berhasil Disimpan! di penyedia domain IDwebhost.com. Selanjutnya Anda Klik Kelola DNS.

Silahkan Anda tambahkan Nama HOST = @ kemudian Jenis Record = A(Address) dan Alamat = IP Wordpress yang pertama dan Prioritas kosong in ajh dan klik Simpan.

Setelah Anda simpan kelola DNS Akan muncul bacaan Berhasil melakukan perubahan DNS. 

Setelah anda mengubah name servernya anda bisa membuka website dengan nama domain anda beli. Anda telah berhasil Setting Domain Seperti gambar di bawah ini.

Cara Login SSH WordPress Menggunakan Putty di AWS EC2

Silahkan Anda klik fitur layanan dengan ketik EC2 dan klik layanan tersebut seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Klik Instans

Langsung ajah Anda Klik ceklis seperti gambar di bawah ini

Selanjutnya Anda bisa membuka aplikasi "PuTTYgen" seperti gambar di bawah ini jika Anda belum mempunyaii nya Anda bisa mendowload nya terlebih dahulu.

Klik "Load" untuk membuat password PuTTY untuk mengaktifkan SSH WordPress terlebih dahulu.

Pilih "File Password key AWS EC2" yang anda simpan untuk membuat password putty tersebut. Jika file tersebut tidak ada "All files (*,*)" untuk menampilkan file yang tidak kelihatan kemudian klik "Open".


Silahkan Anda isi Key comment, key passphrase dan confirm passphrase sesuai keinginan Anda sendiri dan Klik Save private key

Selanjutnya masukan nama penyimpanan "Password PuTTYgen" sesuai nama yang anda ingginkan dan klik "Save" untuk menyimpan file baru

Setelah membuat password di PuTTYgen selanjutnya Anda membuka aplikasi PuTTY seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Anda masuk Alamat ip WordPress seperti gambar di bawah ini. Kemudian masukan port 22 dan saved session dengan nama yang anda ingginkan dan klik save untuk menyimpan data data PuTTY yang Anda buat dan kemudian klik Data untuk mengatur login ke SSH Wordpress tersebut.

Setelah Anda klik Data. Langsung ajah Anda ketik bitnami pada Auto-login username dan Klik SSH

Setelah Anda buka SSH lanjut dengan klik Auth dan pilih Browse... seperti gambar di bawah ini untuk memasuk key yang di buat dari PuTTYgen tersebut.

Pilih file key yang di buat PuTTYgen tadi dan Klik Open.

Selanjutnya Anda jangan klik Open dulu setelah masukan Key PuTTY tersebut. Anda perlu atur Tunnels terlebih dahulu. Langsung ajah Anda klik Tunnels tersebut.

Setelah Anda berada di Tunnels dan masukan Source port menjadi 8888 dan Destination localhost80 dan klik open untuk masuk SSH WordPress tersebut.

Setelah SSH terbuka. Langsung ajah Anda masukan Password yang telah di buat di PuTTYgen tersebut untuk login ke SSH WordPress nya.

Nah Jika seperti gambar di bawah ini berati Anda telah Berhasil Login ke SSH WordPress yang Anda install tadi. Dan Anda bisa memasang SSL Gratis pada WordPress di AWS EC2

Cara Pasang SSL Gratis pada WordPress di AWS EC2

Pentingnya Menggunakan SSL dengan WordPress di AWS EC2 adapunjika anda ingin mengamankan situs yang dimiliki maka anda harus memakai SSL tersebut sebagai keamanan. Dengan begitu situs yang anda kelola tentunya akan lebih baik dan bisa terlindungi secara aman.


Agar bisa mengamankan data yang ada serta tingkat pengelolaan yang lebih baik lagi. inilah memahami kenapa harus ada SSL?

1. Terhindar Dari Pencurian DataKeberadaan SSL yang terinstal dengan baik maka akan melingdungi anda dari ancaman data yang dicuri. Dengan melakukan tahapan enskripsi dengan baik dan benar pada pengelolaannya maka bisa dilakukan dengan mudah. Jika sebuah website bisa terlindungi dengan baik maka tidak bisa begitu saja dibuka atau diakses kerahasian datanya begitu saja.Cara yang harus dijalanan yaitu dengan adanya enkripsi atau memakai pengacakan data yang sensitif. Dengan begitu tidak akan bisa terbaca data yang dimiliki, kemudian justru malah bisa mengamankan situs dengan cara yang tepat dan lebih baik lagi.

2.Menghindari Adanya Kesalahan Kirim DataKeberadaan SSL ini tentunya sangat penting dan berguna, apalagi jika langsung masuk dan dihubungkan dengan AWS EC2. Artinya akan lebih mudah lagi untuk bisa menghasilkan keamanan ganda bahkan ruang penyimpanan yang lebih baik. Pada dasarnya SSL ini dilakukan guna menghindari adanya data yang salah untuk dikirimkan.Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan penginstaan SSL dalam mengamankan sebuah situs. Tentunya akan lebih mudah apalagi dihubungkan dengan AWS EC2yang ada. Jadi situs WordPress yang dimiliki akan tetap aman dari pengiriman data yang dilakukan karena adanya sistem automatic yang ada saat melakukan instalasi SSL tersebut.

3.Reputasi Website MeningkatKetika SSL berfungsi dan terinstal debgan baik maka akan ada notifikasi tertentu yang masuk. Biasanya pada internet eksporer data akan tertampil dengan wujud block warna hijau di addres bar. Kemudian untuk tampilan pada Google Crome serta Firefox akan ada ikon gembok terkunci yang terlihat di situs website. Artinya website tersebut telah terinstal SSL dan memiliki perlindungan data serta mendapatkan notifikasi.Dengan adanya notifikasi inilah yang bisa dimanfaatkan oleh anda untuk meningkatkan reputasi website anda. Jadi pengunjung juga tak akan ragu untuk melakukan kunjungan pada situs website yang diakses oleh siapapun. Misalnya saja dalam contoh sebuah website toko online telah memiliki SSL yang terinstall dan terhubung dengan AWS EC2.

Maka calon pembelipun akan yakin dan merasa aman untuk berbelanja disitus milik anda.Itulah beberapa hal yang perlu dipahami ketika memahami cara membuat situs WordPress dan SSL menggunakan di AWS EC2. Dengan begitu bisa tetap memaksimalkan fungsi cloud yang berguna untuk simpanan data yang lebih besar serta pentingnya SSL yang terinstal tersebut.Dengan memahami seperti apa cara membuat situs WordPress dan SSL menggunakan AWS EC2 maka anda bisa mewujudkan kemudahan dalam pengelolaan. Terutama simpanan data yang tak terbatas, adanya pengamanan data serta bisa tetap terakses dengan aman memakai SSL tersebut.

Setelah tampil seperti gambar ini Ketik sudo /opt/bitnami/bncert-tool.


Selanjutnya ketik nama domain anda yang udah anda beli atau domain anda hubungkan ke wordpress. malas.my.id www.mlas.my.id

Silahkan Anda ketik Y kemudian tekan Enter pada Enable HTTP to HTTPS redirection [Y/n] : y

Silahkan Anda ketik Y kemudian tekan Enter pada Enable non-www to www redirection [Y/n] : y

Silahkan Anda ketik N kemudian tekan Enter pada Enable www to non-www redirection [Y/n] : n

Silahkan Anda ketik Y kemudian tekan Enter pada Do you agree to these change? [Y/n] : y

Silahkan masukan E-mail address[] :coinvass@gmail.com dan tekan Enter

Silahkan Anda ketik Y kemudian tekan Enter pada Do you agree to the Let's Encrypt Subscriber Agreement? [Y/n] : Y

Tekan Enter untuk selesai proses mengatur Sertifikat SSL (HTTPS).

Nah jika Anda Berhasil mengatur Sertifikat SSL (HTTPS) akan ada bacaan seperti gambar di bawah ini yang di mana tulisan The bitnami HTTPS Configuration Tool succeeded in modifying your installation.

Silahkan Anda masukan Domain website Anda Akan tampil seperti gambar di bawah ini yang berarti SSL yang Anda atur telah berhasil.

Sekian dan Terimahkasih yang telah membaca artikel tentang Cara Install WordPress di AWS EC2, SSL Gratis dan Setting Domain

Posting Komentar untuk "Cara Install WordPress di AWS EC2, SSL Gratis dan Setting Domain"