Cara Install OpenVPN di VPS Ubuntu 20.04

Anda dapat menginstal OpenVPN melalui pengelola paket VPS Ubuntu Anda. Ini adalah opsi yang bagus jika Anda tidak ingin berurusan dengan kerumitan kompilasi perangkat lunak dan tidak memerlukan terowongan VPN di banyak mesin.

OpenVPN adalah aplikasi perangkat lunak gratis dan sumber terbuka yang mengimplementasikan teknik jaringan pribadi virtual (VPN) untuk membuat koneksi titik-ke-titik yang aman dalam konfigurasi yang dirutekan atau dijembatani dan fasilitas akses jarak jauh. Ini menggunakan protokol security khusus yang menggunakan SSL/TLS untuk pertukaran kunci. Protokol ini menawarkan keunggulan utama dibandingkan protokol PPTP dan L2TP tradisional.

OpenVPN cukup mudah diatur dengan Ubuntu VPS. Menyiapkan OpenVPN tidak hanya menyediakan bantuan koneksi VPN tetapi juga akan mengenkripsi data masuk dan keluar. Namun, daya tarik utama dari tutorial ini adalah untuk memberikan bantuan koneksi untuk pengaturan VPN di server virtual Ubuntu secara gratis karena tidak ada biaya yang terkait dengannya setelah investasi awal dalam pengaturan server generik, biaya pemeliharaan perangkat lunak sumber terbuka, dll telah tercakup.

Server pribadi virtual (VPS) adalah mesin virtual yang dijual sebagai layanan oleh perusahaan hosting Internet. Ini adalah mesin virtual karena host berbagi sumber daya sistem fisik yang mendasarinya dengan VPS lain, tetapi berperilaku seperti komputer terpisah.

Istilah "server pribadi virtual" berasal dari awal 1990-an dan menjadi populer di tahun 2000-an karena semakin banyak perusahaan hosting mulai menawarkan layanan ini.

VPS dapat digunakan untuk banyak tujuan, termasuk menjalankan server web, server email, dan server basis data. VPS dapat digunakan untuk menjalankan perangkat lunak apa pun yang akan berjalan sendiri tanpa modifikasi atau konfigurasi khusus dari sistem operasi atau aplikasi.

OpenVPN adalah perangkat lunak VPN tangguh yang gratis dan open source untuk digunakan. OpenVPN dapat digunakan di Microsoft Windows, Linux, macOS dan Android.

OpenVPN adalah salah satu penyedia perangkat lunak VPN paling populer di dunia. Ini adalah jaringan pribadi virtual, yang menawarkan banyak fitur berguna. Perangkat lunak OpenVPN dapat digunakan dengan banyak perangkat yang terhubung ke Internet dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan VPN lainnya.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang perangkat lunak VPN yang kuat ini, Anda harus terus membaca.

OpenVPN adalah aplikasi VPN sumber terbuka yang menggunakan enkripsi SSL/TLS (atau SSH) dan tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux, serta Android, iOS, dan beberapa router wifi. Aplikasi gratis ini memiliki fitur-fitur canggih seperti dapat terhubung melalui terowongan SSH atau server proxy, memiliki fitur penerusan port untuk aplikasi dan game tertentu yang tidak mendukung koneksi langsung ke internet, atau bahkan menghubungkan perangkat seluler ke laptop Anda melalui Kabel USB untuk menjelajah internet saat bepergian.

Bagian ini mencakup perangkat lunak VPN sumber terbuka, OpenVPN. Ini adalah salah satu layanan VPN paling populer yang tersedia untuk konsumen dan organisasi di seluruh dunia dengan lebih dari 500 juta unduhan hingga saat ini. OpenVPN bekerja pada semua sistem operasi yang mendukung TCP/IP, termasuk Android, yang tidak termasuk dalam rilis awal tetapi kini telah ditambahkan sebagai platform yang didukung secara resmi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) miliknya sendiri.

Tutorial ini akan menunjukkan cara menginstal OpenVPN di Ubuntu 20.04.

OpenVPN menyediakan koneksi terenkripsi yang aman ke jaringan rumah Anda dan memungkinkan Anda tampil seolah-olah Anda berasal dari wilayah mana pun. Adapun untuk langkah - Langkah Anda bisa mengikuti Tutorial di Bawah ini ya guys :

Untuk Langkah pertama Anda harus login VPS Ubuntu Anda sendiri melalui Putty atau dari SSH yang lain. Setelah Anda Login langsung ajah Anda ketik sudo -i kemudian tekan enter.


Selanjutnya Anda ketik "wget https://git.io/vpn -O openvpn-install.sh && chmod +x openvpn-install.sh" kemudian tekan enter.

Selanjutnya Anda ketik "./openvpn-install.sh" kemudian tekan enter.

Langkah berikutnya Anda masukan IP VPS Ubuntu Anda sendiri seperti gambar di bawah ini sebagai contoh.

Selanjutnya Anda bisa menentukan Protocol yang akan didigunakan, dalam artikel ini Anda akan mengikuti rekomendasi dari scripntya dengan menekan tombol "Angka 1" Seperti gambar di bawah ini.

Untuk Port Anda bisa menggunakan Port default cukup Anda ketik "Angka 1194" seperti gambar di bawah ini. 

Anda bisa memilih DNS yang Anda inginkan namun dalam artikel ini saya Akan memilih DNS dengan ketik "Angka 1 current system resolvers"

Untuk Nama CLIENT OpenVPN.  Silahkan Anda buat nama sesuai keinginan Anda Sendiri.

Selanjutnya untuk mengginstall OpenVPN di VPS Ubuntu. Anda cukup tekan ENTER untuk memulai proses Install OpenVPN di VPS Ubuntu tersebut.

Cukup Anda menunggu beberapa detik doang untuk menunggu proses install OpenVPN di VPS Ubuntu tersebut.

Setelah proses installan OpenVPN di VPS Ubuntu. Langkah selanjutnya Anda cukup ketik curl --upload-file ./namafile.ovpn https://free.keep.sh (ANDA CUKUP GANTI namafile sesuai Nama CLIENT OpenVPN Anda buat Sendiri )

Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal copy file seperti gambar di bawah ini dengan menekan tombol CTRL + C.

Selanjutnya Anda membuka BROWSER kemudian tekan CTRL + V seperti Gambar dibawah ini dan klik DOWLOAD.

Selanjutnya Anda Klik kiri kemudian tekan tombol CTRL + A dan tekan tombol CTRL + C untuk coopy file tersebut.

Selanjutnya Anda buka aplikasi Notepad dan tekan tombol CTRL + V seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Anda tingal menyimpan file tersebut dengan menekan tombol CTRL + S dan buat nama file VPN Anda sendiri dengan menambahkan .ovpn seperti testingvpncoinvass.opvn dan pilih save as type : All Files(*.*) dan klik Save.


Selanjutnya Anda tinggal buka Aplikasi OpenVPN Connect. Kemudian Anda Klik pilih FILE dan Klik Browse.

Langkah selanjutnya Anda tinggal Pilih FILE VPN yang Anda simpan dan kemudian Klik OPEN.

Selanjutnya Anda tinggal Klik Add pada OpenVPN seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya Anda tinggal menggesar nya sampai berwarna Hijau untuk mengaktifkan VPN di OpenVPN seperti gambar di baawah ni.

Selanjutnya Anda bisa cek dengan membuka Website whoer.net seperti gambar di bawah ini. 

Apakah VPN yang Anda Install di VPS Ubuntu 20.04 berhasil di Aktifkan atau Belum.

Sekian dari Saya tutorial  Cara Install OpenVPN di VPS Ubuntu 20.04 
Jika Ada ketikan Saya tidak menyenangkan atau buruk Saya minta maaf terlebih dahulu ya bossku.

Sekian dan terimah kasih telah datang ke Website ini dan membaca Artikel nya.

Jangan lupa di share ya bosssku.........